Pemberangkatan Kloter Pertama CJH dimajukan

Jakarta (Pinmas)–Menyusul penambahan kuota jemaah haji Indonesia, maskapai Garuda Indonesia memajukan jadwal pemberangkatan jamaah haji reguler 2010. Jika jadwal semula kloter pertama akan mulai diberangkatkan pada tanggal 12 Oktober 2010, maka dimajukan ke tanggal 11 Oktober.

“Perubahan jadwal di empat embarkasi, yaitu embarkasi Banda Aceh, Medan, Banjarmasin, dan Ujung Pandang,” kata Kepala Komunikasi PT Garuda Indonesia, Pujobroto disela-sela silaturahmi dan buka bersama dengan wartawan di Jakarta, Sabtu (4/9) sore.

Pujobroto menjelaskan, perubahan jadwal ini menyusul keberadaan tambahan kuota haji reguler sebesar 3500 jemaah. Dari tambahan kuota itu, Garuda mendapat jatah sebesar 2400 jemaah. Dan, keempat embarkasi tersebut memperoleh tambahan kuota haji reguler lebih banyak karena daftar antrian calon haji di masing-masing embarkasi itu panjang. “Penyesuaian jadwal telah dilakukan sehingga tidak terlalu berpengaruh,” imbuhnya.

Terkait kesanggupan memberangkatkan jamaah haji khusus, Pujobroto menambahkan Garuda mengaku siap mengakomodir pemberangkatan jamaah. Namun demikian, Garuda tidak bisa memastikan angka pasti berapa jamaah haji khusus yang menggunakan jasa maskapai milik negara ini. “Kalau haji khusus kan bebas memilih maskapai mana yang mereka suka,” katanya.

Sebelumnya Direktur Pelayanan Haji dan Umrah Zainal Abidin Supi mengatakan, akibat penambahan kuota tersebut jadwal pemberangkatan calhaj ke Arab Saudi mengalami sedikit perubahan. “Garuda minta dimajukan satu hari dari 12 Oktober menjadi 11 Oktober, bagi kami tidak masalah,” kata Supi.

Ia berharap seluruh jemaah dapat berangkat dan menunaikan rukun Islam kelima. “Jangan sampai pada saat closing death jemaah baru diberangkatkan, jadi maju satu hari tidak soal,” kata Supi lagi.

Sekretaris Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Abdul Ghafur Djawahir menambahkan, pada tahun 2010 terjadi penambahan tujuh kloter. “Kalau 3.500 berarti tujuh kloter, karena itu bisa saja perubahan jadwal pemberangkatan,” katanya. (ks)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s